1. Jurnal [Kembali]
2. Alat dan Bahan [Kembali]
3. Rangkaian Simulasi [Kembali]
4. Prinsip kerja rangkaian [Kembali]
Terdapat Sumber Vcc, 2 switch-spdt, 1 clock, 2 logic probe. Disini dari sumber melewati switch B1 kemudian masuk ke input S pada Flip flop. jadi nilai berlogika 1 yang masuk ke input S melewati gerbang NOT sehingga logika yang ada di dalam rangkaian flip flop akan bernilai 0. Sedangkan untuk input R dihubungkan ke switch B0 yang dihubungkan ke ground sehingga akan berlogika 0. Kemudian masuk ke input R dan melewati gerbang NOT sehingga nilai di dalam rangkaian flip flop nya akan berlogika 1. Karena S = 0 dan R = 1 maka rangkaian flip flop dalam keadaan RESET sehingga output Q = 0 dan Q' = 1.
Nilai Q dan Q' berlawanan atau berkebalikan karena input pada J dan K nya bernilai tinggi atau sama sama 1 sehingga jika Q nya = 0 maka Q' = 1
5. Video rangkaian
[Kembali]
6. Analisa [Kembali]
1. Apa yang terjadi jika B1 diganti CLK pada kondisi 2 ?
Jawab :
Pada rangkaian percobaan 2, B1 terhubung ke kaki input Set. Ketika B1 diganti dengan CLK maka nilai S (set) akan terus berubah-ubah karena sesuai dengan prinsip CLK akan berubah logikanya dari 1 0 1. Sehingga output yang diperoleh ketika logika pada input set 0 yaitu Q = 1 dan Q'=0. Ketika set berlogika 1 maka output yang diperoleh yaitu Q = 0 dan Q' = 1.
2. Bandingkan hasil percobaan dengan teori
Jawab :
Pada percobaan B0 terhubung ke R dan B1 terhubung ke S
- Pada kondisi 1 B1 = 1 B2 = 0 B0 = 0 menghasilkan output Q = 0 dan Q'= 1. Hal ini dikarenakan input yang masuk ke R adalah 0 dan melewati gerbang NOT sehingga didalam flip flop berlogika 1 dan B1 yang berlogika 1 melewati gerbang NOT sehingga didalam Flip Flop akan berlogika 0. Maka terjadi keadaan reset sesuai dengan teori.
- Pada kondisi 2 B0 = 1 B1= 0 B2 = 0 menghasilkan output Q = 1 dan Q'= 0 Hal ini dikarenakan input yang masuk ke R adalah 1 dan melewati gerbang NOT sehingga didalam Flip Flop berlogika 0 dan B1 yang berlogika 0 melewati gerbang NOT sehingga didalam Flip Flop akan berlogika 1. Maka akan terjadi keadaan set, sesuai dengan teori.
- Pada kondisi 3 B0 = 0 B1= 0 B2 = 0 menghasilkan output Q = 1 dan Q'= 1 hal ini disebut dalam keadaan terlarang karena nilai Q dan Q' nya sama
- Pada kondisi 4 B0 = 1 B1= 1 B2 = CLK , kaki R dan S tidak aktif sehingga bergantung pada CLK yang menyebabkan nilai ouput berubah - ubah. Disini untuk outputnya akan berkebalikan dari kondisi sebelumnya
3. Apa fungsi masing - masing kaki flip - flop yang digunakan ?
Jawab :
- S (set) => Menyetel keluaran flip - flop menjadi berlogika 1. Kondisi Flip Flop aktif
- R (reset) => Menyetel keluaran flip - flop berlogika 0. Kondisi Flip Flop reset
- Q dan Q' => Sebagai output dari masukan dan Q' menampilkan output yang berlawanan.
- J dan K => Menyetel keluaran flip - flop berlogika 1 ketika aktif, dan mereset keluaran berlogika 0 ketika aktif. J bisa di ibaratkan dengan S dan K dengan R
- Clock => Sebagai pengatur input yang bertujuan unutk merespon apakah keluaran pada rangkaian akan berubah - ubah atau tidak.
7. Link Download [Kembali]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar